Posted by : YULIANA


Mengenal Dekat PTK bagi calon guru dan para peneliti.
Oleh:Yuliana (Mahasiswa Pascasarjana UHAMKA-Program Penelitian dan Evaluasi Pendidikan)

Beberapa tahun ini penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin dirasakan Manfaatnya untuk perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran dikelas.
Penelitian tindakan kelas adalah suatu bentuk penelitian yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam melaksanakan tugas pokoknya,yaitu mengelolah pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM).
Salah satu pengetahuan yang perlu dipahami oleh para calon guru ini adalah metodologi dasar yang kelak akan sangat bermanfaat bagi guru guru yang menghadapi berbagai masalah pada waktu melaksanakan tugasnya. Masalah dalam proses belajar mengajar (PBM) pada umumnya terjadi dikelas dimana segala kegiatan secara formal dilakukan. Dalam arti kelas disini jangan hanya diartikan sebagai tempat dimana guru memberikan pelajaran kepada anak didiknya atau siswa, melainkan perlu diartikan bahwa dalam kelas segala kegiatan yang dilakukan guru dengan anak didiknya dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
Proses belajar mengajar melalui interaksi guru-siswa, siswa-siswa, dan siswa-guru. Secara tidak langsung menyangkut berbagai komponen lain yang saling terkait menjadi suatu sistem yang utuh. Jadi untuk para calon guru dan guru serta peneliti pemerolehan hasil belajar sangat ditentukan oleh baik tidaknya kegiata  dan proses belajar mengajar (PBM) selama program pendidikan  dilaksanakan dikelas yang pada kenyataannya tidak perna bebas dari masalah. Seringkali guru maupun calon guru yg melaksanakam magang pada sekolah sekolah sering merasakan adanya kesulitan atau masalah, namun tidak tahu bagaimana seharusnya mencari pemecahannya. Sebaliknya ada pula guru yang tidak merasakan/tidak tahu atau tidak menyadari bahwa sebenarnya ada masalah dikelasnya. Kekurangan keberhasilan pendidik disekolah serta rendahnya mutu hasil belajar memerlukan penanganan agar masalah itu dapat ditanggulangi. Setidak tidaknya guru mencari upaya untuk menanggulangi kelemahan kelemahan ini.
Guru/guru kelas adalah pihak yang memegang peranan penting dalam upaya melakukan perbaikan ini.
Guru memerlukan jalan keluar atau jawaban atas segala permasalahan yang dihadapi dikelas. Oleh karena itu, sudah selayaknya,jika guru maupun calon guru serta para peneliti perlu memiliki pengetahuan untuk cepat menanggapi serta peka terhadap masalah kelasnya.
Akhir akhir ini juga telah dilakukan usaha membantu guru untuk dapat memperbaiki keadaan kelas mulai dilakukan, dengan adanya pelatihan-pelatihan, meningkatkan kegiatan antar guru sejenis serta menawari mereka untuk melakukan penelitian terutama penelitian tindakan kelas.
Jadi penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki mutu pendidikan yang secara langsung menyentuh Masalah Lapangan,yaitu masalah yang ada di kelas.
Penulis merangkai judul seperti ini dengan pemaparan singkat mengenai PTK,semata mata hanya membuka wawasan para pembaca,calon guru,guru maupun para peneliti dibidang ilmu pendidikan, untuk lebih memahami mengenai penelitian tindakan kelas serta problem yang terjadi.
Demikian terima kasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © YULIANA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -